Selasa, 06 September 2016

Pendakian Gunung gede Via Putri

PENDAKIAN  GUNUNG GEDE VIA PUTRI

Finally .. setelah sekian lama ngidam pengen mendaki Gunung Gede akhirnya dikasih kesempatan juga sama Yang Maha Kuasa, Gak sia siain libur panjng pas Lebaran kemaren so tanggal 15 July 2016 berangkatlah saya menuju Kp. rambutan buat nungggu temen temen yang lain. Yah...karena lagi musim liburan alhasil bis yg dicari susah didapet... Mepet sana sini dapet jg omprengan dan singkat cerita jm 10.00 malam sampe jg sya d meeting point. Setelah semua ngumpul kita cuusss... jm 10.30 malam.. Dan masih dikarenakan alasan yang sama "musim liburan" arak puncak cibodas muaaaceeet puaraahh.. yg seharusnya 1,5  - 2 jm aja sampe base camp ini jam 4 dini hari kita baru sampe,, sutralah cape nya kalah sama semangat 45 buat liat Alun alun Suryakencana..

So..kita istrahat sebentar lalu bobo manis buat ngumpulin energi besok pagi. For your information di Base camp Haji Anwar ini ada tempat kaya buat istirahat yg disediain buat pendaki pendaki yag mau istrahat dulu sebelum or sesudah nanjak..enak kan??? plus tersedia warung nasi yg menyediakan macem macem makanan yang rasanya lumayan enak buat harga segitu, 1 porsi nai goreng cuma 10 - 13 rb aja . harga yang masuk akal buat tempat wisata kaya gini. Jam 5.30 tempat udah rame sama para pendaki yang siap siap mau jalan n sarapan. So..sya jg gk mau kalah....siap siap packing ulang n sarapan , dengan budget yang tadi dah d sebutin d atas 16 rb udah dapet nasgor lengkap n teh manis. Sip lah pokoknya.

6.45 kita mulai berangkat, cuaca cerah banget...aminn.

Penamakan Puncak Gede dari Base camp Haji Anwar
View Gunugn gede dari perkebunan warga.

Setelah berjalan sekitar 15 mnt kita sampai di base camp Putri buat cek simaksi dll..

Base Camp Putri.. Ngantri cyyiin..

Dan perjalanan pun dimulai, menyusuri jalan setapak ditengah kebun kebun penduduk view gunung gede di depan , bikin mata sama otak seger gez..

View perkebunan penduduk

Setelah berjalan dengan trek nanjak nanjak manja 8.20 sampe jg saya di Pos 1 yang ditandai dengan gapura . Sambil istirahat sejenak dan ngatur nafas yang mulai ngaco.
POS 1
            Dari sini saya dah gak minat buat ngitung pos berapa pos berapa, karena lebih sibuk ngatur nafas dikarenakan trek Putri emang nanjak terus tanpa ampun, tapi lebih cepat dibanding jalur lainya. Dan trek perjalanan disuguhi beberapa saung buat rehat sejenak n makan siang. Tapi enaknya putri ada saung yang berjualan , lumayan buat sekedar minum teh manis buat ngisi tenaga ato makan. Menu yang tersedia : Teh manis , kopi ,nasi uduk , pop mie dan gorengan gehu dan tempe goreng yang notabene itu gorengan hanya terdiri dari terigu dan garam. Jangan berharap rasanya bakal special ya.. Harga nya yang special buat gorengan 1 butir yang rasanya biasa banget 2 rb rupiah , pop mie 15 rb yah wotrhed buat  c bapak bapak para penjual yang harus jalan nanjak bawa jualan mereka k atas. So... ke gunung Gede jangan khawatir soal logistik.

Setelah berjalan nanjak tanpa ampyuun yang gk beres beres.. Badan dah cape lungai , kaki dah pegel gak karuan dan hati berharap pengen cepet sampe. Saya tanya tiap ketemu pendaki yang lagi turun "mas masih berapa lama lg sampe alun2 ? '" dan jawaban mereka semua sama " Bentar lg mbak.. semangat.." jawaban klise yang sangat sangat PHP. karena faktanya masih berjam jam lg.

02.00 hujan mulai turun , kondisi udah setengah mau nyerah sya udah mulai terpisah dari rombongan awal. Yang dah biasa ndaki udah duluan dengan modus mau diriin tenda duluan, yang di belakang jg ada karena fisiknya masih shok dikasih trek Putri yang tanpa bonus. Jadilah saya sendiri kadang ikut gabung sama kelompok lain yang ritme jalannya sama sama saya.  Kumplit hujan yang lumayan deras khas hutan jawa barat di bulan ini dengan perut lapar dan lelah yang mendera tepat di depan saya ada warung lagi...Sambil neduh , isi perut, ngumpulin tenaga berharap hujan reda. Akhirnya setelah berasa ada energi lg saya lanjut berjalan ala 5-5 yaitu lima langkah naik istirahat 5 detik.

3.00 ada secercah harapan trek yang tadi tanah diselingi akar yang menanjak curam sekarang jadi jalan berbatu yang gak terlalu terjal. Tanda alun alun di depan mata.. Hore.....mendadak kaya ada energi cadangan semangat lg jalannya..

3.20 akhirnya....Alunn Alunn Suryakencana..... perasaan campur aduk antara cape tapi pengen lari lari liat Alun alun yang indah banget. Tp akhirnya saya gak lari tp segera menghampiri tenda yang udah berdiri sama temen temen saya yang tadi duluan sampe. Dan ngaso..

View alun alun yang indah banget.

View Alun Alun Surken dengan background Puncak Gede

Hamparan  Edelweis Surken

Sampe Alun alun Surykencana cuaca udah kembali cerah , jadi bisa nikmatin JJS di surken sambil ngisi air, karena di Alun alun Surken masih ada sumber mata air . Pendakian berjam jam worthed buat sampe disini. Thank you Lord yang udah kasih saya kesempatan buat nikmatin indahnya ciptaan-Mu yang gak semua orang bisa nikmatin.

Sabtu , 17 July 2016

Rencana mau nikmatin sunrise di puncak hanya tinggal rencana karena saking capenya . Sutralah.. Jam 05.00 pagi udah mulai terdengan anak anak kecil penjaja nasi uduk..nasi uduk... Hmm serasa di komplek rumah.  Sekali lagi Logistik gak perlu bawa banyak karena ada  1 lg tenda  yang berjualan di Alun alun. Selesai sarapan kami bersiap buat summit ke puncak .

07.35 kami mulai perjalanan ke punak , dengan trek tangga batu yang lumayan bikin berkeringat lagi akhirya 8.25 kami sampe di Puncak. Cuaca cukup cerah sehingga saya bisa lihat pemandangan kawah dan lautan awan dengan jelas.

Samudra awan..

Keadaan di puncak yang dibatasi pagar tali ke kawah.

Puas menikmati puncak yang lagi ramai , kami bergegas turun dengan harapan gak kehujanan pas turun. Karena trek nya pasti bakal licin banget. Santai dulu sebelum turun hunting foto sama edelweis, makan siang dan repacking. 11.30 kami mulai bongkar tenda beres beres dan perjalanan turun mulai 12.00 yang diiringi kabut tebal dan lagi lagi hujan.. Perjalanan trun emang gak secape pas najak  tapi haru hati hati karena trek jadi licin , pegangan sama pohon di kiri kanan itu jadi hukum wajib buat saya, selain nahan kalo licin juga buat ngurangin beban di kaki biar gak terlalu berat.

3.30 sore saya landing di basecamp H. Anwar, yang sudah menunggu dengan air hangat buat mandi cukup 7 rb rupiah, nasi n masakan hangat. Sungguh terbayar lelah dan dingin habis kehujanan sepanjang trek turun. Well..akhirnya kami pun bersiap pulang ke rumah masing masing.

Estimasi waktu perjalanan Versi saya :

Dari basecamp - Alun alun  : 7 jam 30 mnt ( dengan 2 x istirahat makan dan jalan nya pelan pelan )

Dari Alun alun - puncak      : 50 mnt

Turun dari Alun2 - Base camp : 3 jam 30 mnt

Cukup ulasan tentang pendakian via Putri ini ya gez.....