Selasa, 06 September 2016

Pendakian Gunung Salak 2211 mdpl Via Cidahu

Saya tinggal di daerah Sukabumi, dan setiap sya jalan ke arah Jakarta terutama pas daerah Lido sampe Cigombong bakal terlihat pemandangan Gunung Salak yang cantik.. Sebegitu cantiknya sampe saya bermimpi untuk menyambanginya. Dan akhirnya doa saya terkabul lg setelah kemarin sukses nyambangin gunung teteangganya, Gunung Gede. Setelah searching sana sini soal trek dan keadaan Gunung Salak yang konon mistis dan trek aduhai, akhirnya sya membulatkan tekad 27 Agustus 2016 kemaren saya pun menuju ke sana , bersama 3 orang teman yang lain.
Tempat istirahat kami disebelah warung kapasitas 2 orang
          Buat yang dari luar kota kalian cukup naik bis arah Sukabumi dan turun di Cicirig Cidahu, Lalu naek angkot ke Pos pendakian Cidahu ato lebih dikenal Javana Spa buat orang sini. Perjalanan dr pertigaan Cidahu memakan waktu sekitar 40 mnt. Kami sampai di Pos Cidahu sudah lewat tengah malam, rencananya biar bsa istrahat sejenak disana sebelum naik. Diwarung tempat kami parkir ada tempat buat istirahat cukup 2 orang sisanya istrahat di mobil .Ada pendopo di belakang kantor TNGHS tapi sama aja keadaanya terbuka dan gelap . Gak senyaman gunung tetangga,,hehehe..

View Puncak Salak dari depan kantor TNHGS
          06.30 prepare buat mendaki menyusuri jalan aspal punya kawasan Javana Spa. Lumayan menanjak dan jauh kalo jalan kaki, kalo beruntung kalian bisa numpang sampe gerbang pendakian. 07.00 sampe di gerbang pendakian dan mulailah perjalanan kami menuju Puncak manik.. Dan kali ini saya gak lewat jalan gerbang pendakian, kami lewat terus lajan aspal Javana Spa setelah mendapat izin dr pengurus setempat karena salah seorang tim kami ada yang kenal.

Warung tempat kami rehat dan parkir.

Cuma nebeng fto doang di gerbang karna sya gak lewat situ.

jalur Javana Spa

Masih menyusuru jalanan aspal menanjak sekitar 30 mnt barulah perjalanan pendakian yang sebenarya dimulai. Jreng jreng..dalam 5 mnt saja setelah mulai memasuki kawasan hutan sya langsung disuguhkan hutan vegetasi yang sangat lebat jalanan didominasi lumpur dan daun daun yang membusuk sangat tepat buat habitat PACET..  You know, mahluk mini yang nempel di tubuh kita lalu merayap kemana mana kalo gak cepet ketauan lalu nyedot darah kita sampe dia kembung. Jadi tips buat kalian yang gak suka mahluk ini nempel ditubuh kalian buat cewe bisa kaya saya pake legging lalu masukin ke kaos kaki biar gak ada celah buat si mini itu masuk, yang cowo yang keukeuh pake celana pendek bisa balurin betis kalian pake parcok ato bebauan sejenisnya..lumayan menghindari mahluk mini tersebut.

Jika memilih jalur ini kita akan menemukan beberapa sumber mata air sebelum sampai di pertigaan pertemuan dengan jalur resmi lewat gerbang pndakian di HM 12. Perhatikan langkah kaki selain meghidari lumpur tapi juga tanaman akar rambat berduri yang melintang setiap jengkal, mungkin karena ini bukan jalur resmi jadi anaman tersebut masih tumbuh subur m enutupi jalan kadang  dibeberapa tempat hampir gak keliatan yang ,mana jalan atau bukan. Buat yang baru dan gak sama guide sama sekali gak rekomend lewat jalan sini ya.. Karena rawan buat tersesat

Mata Air terakhir
jalur yang padat dengan tumbuhan dan akar.

Trek berlumpur yang selalu ada.
                09.00 akhirnya sampai di persimpangan pertemuan jalan dari jalur pendakian resmi di HM 12. Tarik nafas sejenak lanjut lagi perjalanan yang masih sangat panjang ini.

Persimpangan pertemuan jalan
       Dengan trek yang lembab , basah n dan berlumpur sulit untuk beristirahat apalagi pacet mengintai di setiap pijakan kaki sampai  persimpangan ini jadi mau tidak mau  lanjuutt gez... 10.25 sampailah kita di Pos Roling stone (sya gak tau bener apa gak namanya begitu, karna gak ada plang apa pun ) di sini barulah bisa istirahat yang sebenarnya tanpa takut si pacet lagi, karena tanah nya sudah tidak selembab tadi. Selesai makan roti dan bekal nasi yang tadi dibeli dr warung bawah dengan menu nasi goreng / nasi + telur seharga 13 rb rupiah , cukupah mengisi lapar . Dan dengan perut penuh dan doa dalam hati kami pun lanjut perjalanan menuju trek yang lebih fantastis..

Trek dengan tanah licin nan terjal
Dapet penampakan elang jawa disela vegetasi lebat.
Panjat kiri panjat kanan semi gelantungan.

12.40 kami sampe di HM 26..ada tempat lumayan luas buat sekedar istirahat dan makan siang atau pun sholat .  Perjalanan masih panjang  karena puncak bayangan basih di HM 37., sedangkan puncak salak ada di HM 50 . HM itu hundred meters,jadi hitungan nya dihitung per 100 meter di HM 28 an kalo gak salah kalian bisa ngintip pemandangan kkawah ratu dari atas, dan sedikit bisa mencium bau belerang dari sini. Jalanan dr sini sudah mulai menyusuri punggung gunung dengan sisi tebing dan jurang. Jadi bukan hanya fisik yang di uji tapi konsentrasi jg, salah langkah kalian bisa terperosok ke jurang. So be carefull... karena perjalanan akan semakin extreme. Dan ada beberapa spot yang harus dilewati dengan webing.

trek yang butuh webing.

spot dengan pinggiran jurang di HM 34

Di HM 34 ada  spot yang bener bener nguji nyali karena kita harus jalan di tanah setapak yang kelihatan rapuh banget dengan pinggiran jurang hanya dibantu webing dan doa, Gak sampe disitu aja gez... beberapa langkah kedepan masih ada spot yang lebih parah  sama sama pinggiran tebing dan harus manjat pake webing dengan titian batu licin ato lewat pohon tumbang yang sama sama licin  dan dibawah nya lumayan dalem sekitar 1,5 meteran . Dan saya pun memilih jalan paling aman yaitu turun ke bawah dan manjat ke atas lewat akar. hahahah pinter kan jadi gak perlu sport jantung lewatin itu tebingn curam yang bikin deg degan . Padahal gez  setelah ngobrol sama yang udah biasa ke salak ternyata jalan bawah memutar itu gak terlalu jauh kok dan jalan juga lebih aman palng selisih 5-8 mnt sama yang lewat jalur gokil itu . Ya sutralah mungkin itu daya tarik trek salak yang fenomenal sya jadi udah ngerasain.

3.05  Akhirnya sampai di puncak bayangan  dengan lahan yang tidak terlalu luas mungkin gak  sampe bisa menampung lebih dari 13 tenda , wktu saya sampe hanya ada 4 tenda lebih dulu jadi masih dapet tempat yang landai di bawah pohon

Rencana mau lanjut buka tenda di puncak urung karena cuaca sudah mulai mendung karena perjalanan sampe puncak masih sekitar 2 jam lagi. Mengingat kondisi yang sudah lelah maka kami memutuskan untuk ngecamp disini saja. Udara disini gak sedingin  ngecamp di gunung gede mungkiin karena ketinggian salak yang cuma 2211 mpdl saja. So tidur nyaman karna gak kedinginan.
Minggu  28 Agustus 2016

Hmm ternyata tenda bertambah banyak sampe padat mungkin banyak pendaki  yang baru sampe malam hari. Prepare untuk summit deh.. Dengan trek yang masih sama di dominasi lumpur, akar terjal , webing .. 06.15 kami mulai bergerak ke puncak .

Keadaan puncak bayangan pagi hari , tenda padat dempet dempetan .

trek yang masih sama

view lembah sudah mulai terlihat

Trek licin yang terjal.

dapet bonus ngintip awan meskipun pinggiran nya jurang.

puncak di depan mata .

08.20 kami sampai di puncak yang ramai karena memang lahan yang sempit yang hany amampu menampuneberapa tenda saja. disisi kanan ada makan yang konon katanya makanm mbah  Setelah ngopi dan sarapan  cantik di puncak kami pun Salak dan  ada  bangunan entah apa yang konon katanya juga tempat buat berteduh mereka yang berziarah. Setelah ngopi dan sarapan cantik kami pun bergegas trun.

Setelah bergelantunselama kurang lebih 1 jm gan kembali untuk berupaya turun dari puncak kami beristirahat sebentar dan bersiap repacking sebelum hujan kembali turun. 12.00 kami pun mulai perjalanan turun. dan 15.30 kami sudah sampai di gerbang pendakian tanpa istirahat makan.

Estimasi waktu pendakian veersi saya :

Dari Gerbang pendakian - puncak bayangan HM 34 ; 8 Jam ( istirahat makan 3 x sekitar 15 mnt sekali istirahat )

Dari Puncak Bayangan - Puncak                                 : 2 jam kurang

Turun dari puncak - puncak bayangan                         : 1 jam kurang lebih

Turun dari puncak bayangan - gerbang pendakian       :  3 jam 30 mnt

Sekian estimasi waktu pendakian Salak ala ala saya. Bukan hanya fisik yang dibutuhkan buat mencapai puncak manik tapi juga mental , kalo masalah mistis yang banyak beredar diseputar cerita pendakian saya sama sekali tidak menemukan hal hal yang aneh sama sekali. Yang pasti semua terjadi atas kehendak Yang Maha Kuasa.